Sabtu, 17 Desember 2011

DAIHATSU TRAINING CENTER

 TRAINING DAIHATSU

TUGAS
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI



KELOMPOK
DESNAL
TAUFIK PRABOWO
ISMI FAISAL FAZLAN
YOHANES


TEKNIK INFORMATIKA
KELAS MALAM
UNIVERSITAS DARMA PERSADA





LATAR BELAKANG
Training dan HRD sedang menghadapi tantangan yang berat. Peran dari training terasa semakin diperlukan untuk membantu organisasi menghadapi perubahan yang cepat. Akibatnya, efektivitas dan efisiensi dari pelatihan yang diadakan harus selalu dijaga dan dipertanggungjawabkan.

Namun, seringkali training yang dilakukan tidak berdampak apapun terhadap karyawan, sehingga training yang dilakukan bisa dikatakan tidak berhasil, dan sudah barang tentu tidak efektif.

Ironisnya, tidak semua perusahaan atau organisasi dapat menganalisis tingkat keberhasilan dan kegagalan training dengan efektif. Evaluasi pelatihan yang sudah dilakukan hanya formalitas saja dan hasilnya sering tidak ditindaklanjuti, sehingga banyak pelatihan yang tidak memberikan hasil seperti yang diharapkan.

Padahal kegagalan training dapat dianalisa lebih lanjut sehingga diketahui faktor apa saja yang menjadi penyebabnya.

Dengan metode Training Failure Analysis (Analisa Kegagalan Pelatihan), perusahaan dapat memantau tingkat efektifitas training dan melakukan perbaikan-perbaikan dalam setiap program training yang dilakukan. Sehingga training tidak lagi menjadi program yang sekedar dilaksanakan, atau menjadi program penghamburan dana belaka.

Training ini akan memberikan teknik dan skills untuk menganalisa suatu kegagalan pelatihan dan meningkatkan efektivitas dari kegiatan pelatihan anda.

TUJUANNYA
Mengapa harus training kadang terlintas disetiap orang , dan kadang orang pun menggangap bahwa training itu merupakan hal yang menakutkan karena berfikir akan berdampak buruk pada orang yang akan melakukan training
Tetapi kenyataannya tidak , training di setiap perusahaan berbeda-beda ,begitu juga training di DAIHATSU , daihatsu memberikan training kepada mekanik , kepala regu (foreman) , service advisor (SA) yang bertujuan untuk menciptakan bengkel (workshop) yang lebih baik , peralatan (tools) yang lebih terawat dan lebih berkualitas dalam penggunaanya , bahkan untuk meningkatkan atau menciptakan teknisi-teknisi (mekanik-mekanik) yang handal
Adapun hasil training tersebut akan menciptakan nilai moral bahkan skill kepada setiap mekanik yang bekerja di DAIHATSU , contoh moral yang di dapatkan pada setiap mekanik yaitu mekanik akan lebih mudah menunjukan rasa atau sikap yang tulus dan ikhlas kepada teman yangs edang kesulitan didalam pekerjaan . mekanik pun mendapatkan hasil dari training tersebut yaitu mekanik pun akanbisa menujukan kecepatan di dalam bekerja dan menunjukan hasil service yang memuaaskan
Dengan begitu tujan trainingpun tidak akan menjadi sia-sia karena hasil dari setiap training akan dirasakan oleh mekanik maupun dirasakan oleh customer yaitu pelayanan dari mekanik lebih cepat selesai dan tepat waktu bahkan bisa lebih cepat dari yang diharapkan oleh mekanik.



Ataupun dapat disimpulkan :
Reliable : dapat diandalkan oleh perusahaan .
Easy : memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam melakukan perawatan berkala
Care : menunjukan kepedulian kepada pelanggan
Confinient : menciptakan kenyamanan kepada pelanggan bisa dalam segi timing penyelesaian maupun dari segi waktu
Costumer fokus : lebih mengutamakan customer ketika sudah tidak melakukan service dengan cara melakukan follow up kepada pelanggan by phone maupun email kepada pelanggan .


 










Dari flowchart ini dapat dilihat dan dapat disimpulkan bahwa :
1.       Flow pertama akan dimulai dari training center , dari training center akan meminta kepada HRD untuk mengajukan beberapa mekanik untuk mengikuti training sesuai dengan training yang akan di ikuti oleh mekanik yang bersangkutan.
2.       Setelah itu HRD pun akan mengajukan kepada management untuk memberikan beberapa mekanik yang siap untuk mengikuti training yang akan diikuti tersebut.
3.       Management pun akan memilih beberapa mekanik yang siap untuk mengikuti training di training center dan setelah management mendapatkan mekanik tersebut maka management pun mengkonfirmas kepada HRD dan training center bahwa management sudah mendapatkan beberapa mekanik untuk mengikuti training.
4.       Setelah management mengkonfirmasi kepada HRD , HRD pun akan mengkonfirmasi bahwa mekanik tersebut siap untuk melakukan training.
5.       Training center pun siap untuk melaksanakan training kepada mekanik-mekanik yang akan melakukan training.
6.       Setelah training selesai , maka nilai ataupun hasil dari training mekanik tersebut akan dikirimkan dari training center kepada management dan juga HRD .








Diatas dapat dilihat dan dibaca bahwa strukut organisasi di daihatsu sunter sperti itu . Dengan jabatan tertinggi yaitu workshop head atau disebut dengan kepala bengkel , yang diteruskan dengan adanya foreman yang menghandle mechanics secara lagsung , kemudian dengan dudukan yang sama yaitu CCR yang menghandle car coordinator . Di depan counter service sebagai penerima customer dan Service Advisor dan ada juga di bagian Administrasi yang menghandle cashier , billing , part , consumable (gudang bahan) dan juga gudang tools .
Training pun dapat mudah di akses atau bisa di ketahui melalui website : www.tc.daihatsu.astra.co.id . Melalui site itu dapat di lihat kapan dan training apa yang akan dijalankan nantinya di site itu .











TEKNOLOGI MENGAKSES DAIHATSU TRAINING CENTER :

 INTERNET VPN



Virtual Private Network atau yang lebih dikenal dengan nama VPN ini merupakan suatu cara untuk membuat sebuah jaringan bersifat “private” dan aman dengan menggunakan jaringan publik misalnya internet.
VPN dapat mengirim data antara dua komputer yang melewati jaringan publik sehingga seolah-olah terhubung secara point to point. Data dienkapsulasi (dibungkus) dengan header yang berisi informasi routing untuk mendapatkan koneksi point to point sehingga data dapat melewati jaringan publik dan dapat mencapai akhir tujuan.
Sedangkan untuk mendapatkan koneksi bersifat private, data yang dikirimkan harus dienkripsi terlebih dahulu untuk menjaga kerahasiaannya sehingga paket yang tertangkap ketika melewati jaringan publik tidak terbaca karena harus melewati proses dekripsi. Proses enkapsulasi data sering disebut “tunneling”.
Anda dapat mengakses server kantor melalui VPN dimana saja, entah itu dirumah atau dijalan secara aman meskipun anda menggunakan infrastruktur jaringan internet dalam penggunaannya. Menurut pandangan user, koneksi VPN merupakan koneksi point to point antara user computer dengan server korporasi dan data terkirim di atas jaringan “dedicated,” padahal tidak demikian kenyataannya.

Seperti itu juga untuk situs training centernya daihatsu , karena jaringan daihatsu memang bersifat rahasia (hanya yang tahu id dan passwordnya saja yang bisa mengakses situ tersebut) dan juga pribadi .  Calon orang yang akan melakukan training bisa mengaksesnya langsung di site tersebut dan menanyakannya langsung kepada kepala regu ataupun kepala bengkel (manager) untuk ID dan juga password dari training center .










Berikut tampilan dari daihatsu training center :






Dari tampilan tersebut bisa di perhatikan atau bisa pula di lihat training apa yang harus di jalani berikutnya .
Hanya dengan masuk site www.tc.daihatsu.astra.co.id , kemudian login id dan password nya kemudian bisa dilihat dengan klik teknisi dan bisa dilihat training apa yang akan di lakukan .

Selain itu bisa juga kita membrowser komposisi komposisi mekanik ataupun kepala regu maupun juga dengan service advisor nya . Kita bisa liat berapa persentasi dari jumlah mekanik yang sudah melakukan training daihatsu technician , pro-technician , diagnostic technician , master technician dan lain-lain .



Contohnya :































Selain akses tersebut user juga bisa mengakses dengan mendowload materi training , schedule training dan lain-lain .

Contohnya :


























Untuk membuat dan mengakses kita dapat menggunakan software dan juga hardware yang di butuhkan sesuai dengan kebutuhannya :

Kebutuhan perangkat lunak :
Perangkat keras komputer tidak berarti tanpa perangkat lunak begitu juga sebaliknya. Jadi perangkat lunak dan perangkat keras saling mendukung satu sama lain. Perangkat keras hanya berfungsi jika diberikan instruksi-intruksi kepadanya.
Instruksi-instruksi inilah yang disebut dengan perangkat lunak. Dalam penelitian ini penyusun menggunakan beberapa perangkat lunak, antara lain :
1.                MySQL sebagai web database server.
2.                PHP 5.0.
3.                Microsoft Windows XP ataupun Operation Sistem yang lainnya.
4.                Firefox dan yang lainnya sebagai browser.
Kebutuhan perangkat keras :
Didalam pembuatan ataupun mengakses data-data yang diperlukan memang diperlukan seperangkat perangkat keras berupa laptop , PC , tablet , ataupun handphone (yang mampu mengakses saja)

Yang saya miliki untuk mengakses ataupun melakukan editing untuk mekanik yang akan melakukan training , menggunakan perangkat keras dengan spesifikasi sbb :

Nama                                                    Spesifikasi
Prosessor                                               Intel(R) Core(TM) i3 CPU
VGA                                                        ATI Radeon
Memory                                                   DDR II 2 GB
Hardisk                                                   320 GB
Monitor                                                   Standart 15”

Tetapi untuk perangkat keras tersebut tidak harus sesuai spesifikasi diatas . tapi kita dapat mengakses situs tersebut dengan menggunakan komputer milik sendiri ataupun warnet , asalkan adanya jaringan internet.



1 komentar:

  1. boleh kah saya mengetahui tentang bagaimana cara cara tune up di daihatsu?

    BalasHapus